21 October 2011

Foto Lama

(this post is dedicated to my beloved kakung)

hari ini sepulang sekolah, aku langsung ke kamar uti ku. uti dengan bangga langsung nunjukin hasil kerja keras beliau sesiangan tadi.

"iki lho nduk aku mau bar resik-resik kamar kerja ne kakung mu njuk entuk slide karo foto sak mene iki"
(translate: ini lho nak, aku tadi habis bersih-bersih kamar kerja kakungmu terus dapet slide sama foto segini)
kata uti sambil nunjuk 3 kresek gede berisi slide-slide dan foto-foto karya almarhum kakung jaman dahulu kala.

"ya ampun ti, masih ada? kayaknya kemaren udah banyak to yang di bakar?" kata aku sambil ngamatin slide-slide itu

"lha iyo iki makane arep tak obong bar iki" (translate: lha iya makanya itu habis ini mau saya bakar) kata uti mantep.

"yah kok dibakar lagi ti? sayang e ti masih bagus-bagus banget"

"lha yo emange arep nggo opo? nek kakung mbiyen kan nggo mulang, lha nek saiki kan wis ra kanggo" (translate: lah emangnya mau buat apa? kalo kakung dulu kan buat ngajar, lha sekarang kan udah nggak kepake)

yah dan begitulah. setelah ada seorang pakde yang berkompromi, uti pun setuju untuk dipilah-pilah dulu sebelum acara pembakaran.

almarhum kakung ku adalah seseorang yang suka banget fotografi. kamera model apaaaa aja kakung punya. seriusan, dari yang juadul sampe slr, semua punya. dan kalo mau tau, foto hasil karya kakungku tu buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaak buanget. kayak di setiap event yang ada beliaunya tu pasti ada bukti sejarahnya berupa foto. juga kalo ada sesuatu yang menarik perhatian kakung, jepret jadilah foto.

sepeninggal kakung, yang namanya foto segitu banyak, karena menurut uti nggak ada gunanya, dibakarlah. ya gak semua sih. masih dipilihin. tapi dipilihin juga tetep buanyak. bukan karena apa, ya emang karena gak ada gunanya dan ngabis-ngabisin tempat aja menurut uti nyimpen-nyimpen foto jadul bergambar bunga liar dan sejenisnya.


inilah beberapa calon foto yang nasibya diujung tanduk


ini adalah slide-slide. ini ada fotonya dan biasa buat bahan kalo kakung ngajar. slide-slide ini juga ajalnya sudah ditentukan.


berikut adalah beberapa hasil jepretan kakung yang menurutku keren


ini entah plengkung gading atau plengkung wijilan dan foto ini juga entah diambil taun brapa. liat, jalanya masih tanah dan kendaraan yang lewat berupa sepeda dan gerobak yang ditarik sama kebo. betapa unyunya :3


ini kantor pos besar yang di malioboro itu. diambil dari utara. liat itu juga jalan isinya sepeda sama andong. liat betapa debunya kemebul kemana-mana. dan ada pertamina didepan kantor pos. ternyata jaman dulu pertaminanya kayak kotak pos gitu ya dipinggir jalan. betapa unyunya :3


ini adalah alun-alun utara. dari sini jaman dulu kita bisa keliatan masjid agung yang dialun-alun selatan. kalo sekarang mah, yang keliatan genteng-genteng rumah orang. -______-


ini pojok beteng. dari dulu sampe sekarang tak pernah berubah (kecuali cat-nya) :3

tuhkan untung banget punya kakung suka foto, jadi aku sebagai cucu bisa punya bukti sejarah yang konkret kayak gimana sih jogja dulu kala.

fyi, aku juga pengen kasih liat wajahnya kakungku. laki-laki paling hebat yang pernah aku temuin di dunia ini. namanya adalah Prof. Soedarso Sp. M.A. (he is the reason why there's 'Sudar' in my name)


ini kakung waktu umur 40-an


ini kakung beberapa bulan sebelum meninggal.

kakung adalah orang yang sangat berbakat. selain fotografi, beliau bisa nulis. pernah nerbitin 3 buku. bisa ngelukis juga. bisa ndalang. public speakingnya bagus. seorang pengajar dan seniman sejati.

dalam kehidupan, kakung juga orang yang sangat friendly, menghargai orang lain, demokratis, penyayang, perhatian, dan dicintai banyak orang.

sayang, bakatnya gak nurun ke aku. aku gak tau punya bakat apa. tapi yang aku tau, aku punya kemampuan buat bikin orang-orang yang aku sayang dan menyayangi aku, pergi dari aku.
#eyaaaaaaaaa

sebelum curcol dan sampe mana-mana, mari kita sudahi posting ini.

last words,

i miss you soooooooooo much, kakung :')


No comments:

Post a Comment

Hai :)
Thank you for reading. Feel free to leave me a comment ya. Anything except spam are welcome. I will definitely reply anything you write for me and visit your site too.