22 December 2011

Teruntuk Imuk



ibu.
sosok yang paling berjasa dikehidupan kita. nggak usah gue jelasin panjang lebar pake qolqolah segala deh tentang jasa seorang ibu, anak TK juga pasti tau kan yah. gue nggak lagi pengen posting tentang jasa. gue pengen nyeritain sebuah kisah nyata tentang ibu gue dan gue. mumpung ini hari ibu.

well muk, finta dedikasikan postingan kali ini untuk imuk :)

***

semua orang yang lahir pasti punya ibu. dan pasti deh pada punya cerita unyu momen sama ibu kita masing-masing. well gue juga ada.

gue nggak biasa manggil 'ibu' ke ibu gue. gue biasa manggilnya imuk. entah dari kapan dan gue lupa juga alasan kok bisa-bisanya manggilnya imuk.

namanya imuk adalah Happy Arriadne. nama yang terbilang gaul untuk orang-orang jadoel. dan kayak namanya, imuk adalah orang yang happy terus. beliau 11-12 gitu sama gue. yang kalo ngomong tu bisa ajaib, sukanya nyanyi-nyanyi gak jelas, pasang mimik muka ajaib dan suka lebay gitu. beliau adalah contoh orang yang polos dan menjunjung tinggi kejujuran.

imuk adalaha sosok ibu yang dekat dengan anak-anaknya. terutama sama adek gue. mereka bisa jadi duo superkompak kalo udah ngomongin baju dan hunting sesuatu di mall sampe berjam-jam. kalo gue, denger kata ke mall buat belanja aja kaki udah gempor duluan dan lebih milih bobok cantik di rumah ;3

yah nggak cuma itu. mereka berdua emang deket banget. adek dan imuk adalah kesatuan. mereka akan saling curhat untuk masalah apapun. bener-bener tidak dapat terpisahkan. bahkan dihentang jarak rumah-pondok pesantren pun, adek gue tetep bisa jadi sahabat terdekat ibu gue dan bukannya gue yang (waktu itu) ngendon di rumah yang sama.

gue memang nggak sedeket adek gue kalo sama imuk. tapi dibandingin adek gue, rasa sayang gue ke imuk nggak kalah gedhe.

gue nggak inget kapan terakhir kali imuk marahin gue. beliau terlalu percaya sama gue. dia menempatkan gue sebagai manusia dewasa yang punya pemikiran sendiri dan punya tanggung jawab. beliau selalu menghormati keputusan dan setiap pemikiran gue. beliau tau, gue selalu punya alasan dibalik tindakan gue.

kalau beliau nggak setuju sama gue, dia mengungkapkan pikirannya dalam bentuk saran. biar gue yang memutuskan. beliau nggak pernah memaksakan gue ikut kemauannya.

begitupun waktu gue memutuskan untuk pergi ninggalin rumah, ninggalin imuk. beliau menghargai keputusan gue. walaupun gue tau banget seberapa sedihnya imuk, seberapa hancurnya hati imuk, beliau nggak nunjukin sedikitpun rasa sedihnya waktu gue tinggalin beliau.

yah, gue pernah marah sekali sama imuk gue. gue bahkan pernah berada dititik dimana gue diambang kebencian sama imuk. gue pernah putus kontak sama imuk gue... sebulan.

hidup gue berubah jadi senyum palsu. hati gue nggak ada sejuk-sejuknya. gue marah yang teramat sangat, disamping itu gue haus banget sama kasih sayang dari imuk gue.

bayangin ajadeh, setiap hari gue pulang sekolah, ada imuk yang akan berisik menanyai hari gue. tiba-tiba nggak ada lagi. tiap hari gue makan selalu masakan imuk gue. tiba-tiba nggak ada lagi. tiap gue bingung make baju, ada imuk gue yang senantiasa milihin baju gue. tiba-tiba nggak ada lagi.

hidup rasanya amburadul.

sampe akhirnya rasa kangen gue membawa revo gue ke rumah imuk.

imuk membukakan pintu rumah dengan wajah kaget sekaligus seneng. gue bisa melihat bahwa imuk habis nangis, dan beliau keliatan sayu dan sakit. hati gue mencelos. gue turun dari motor dan menghampiri imuk diambang pintu rumah.

gue: lho imuk kok pucet? imuk sakit?
imuk: iya, kangen sama kamu..

gue langsung ngerasa jadi anak paling durhaka diseluruh dunia. lalu gue hampiri imuk dan gue peluk tubuhnya yang kecil. yah bak sinetron, air mata tidak terhindarkan.

gue masih inget, karena saking senengnya beliau atas kedatangan gue, beliau ngotot setengah mati masakin gue dan bikinin gue teh. padahal badannya lagi nggak sehat. gue, hanya bisa duduk diem sambil nahan nangis dan ngutukin diri gue sendiri.

***

dulu imuk pernah bercanda waktu gue SMP lagi ngerjain tugas bahasa indonesia bagian peribahasa. imuk bilang gini,

kasih ibu itu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang garisan


waktu itu, gue SMP bilang "enak ajaaaa! nggak ya!", tapi sekarang, gue bener-bener menyadari hal itu. bahwa ternyata, kasih sayang gue ke imuk bisa berujung, sementara imuk gue, sampe kapan pun, akan selalu menyayangi gue, menerima gue, memaafkan gue.

mungkin, imuk bukan orang paling jenius, tapi beliau bisa mendidik gue.
mungkin, imuk bukan malaikat, tapi doanya selalu mengiringi setiap langkah gue, melindungi gue dari marabahaya.
mungkin, imuk bukan wanita yang sempurna, tapi gue yakin, cintanya sempurna banget buat gue.

di hari ulang tahun gue yang ke 17 tahun kemaren, imuk gue menuliskan puisi untuk gue, berikut suatu kata-kata di puisinya:

.....meski raga kita terpisah,
namun kau selalu di hatiku
dan aku ingin selalu di hatimu
sampai di akhir nafasku.....


selamat hari ibu, imukku sayang. semoga imuk selalu happy kayak nama imuk. aku sayang imuk, lebih dari nafasku. :)





#nyerot-ingus

No comments:

Post a Comment

Hai :)
Thank you for reading. Feel free to leave me a comment ya. Anything except spam are welcome. I will definitely reply anything you write for me and visit your site too.