18 July 2014

Me and IKAMMA 2012-2013

There is always a reason why someone leaves or ignore something she likes. Sebagaimana apa yang telah saya lakukan kepadamu, my dear blog. Saya punya alasan kenapa sekitar setahun ini jadi jarang cerita dan update padahal sebenarnya punya a lot of stories to tell.

Alasannya adalah apa yang akan saya tulis di postingan ini. Cerita yang sudah sejak lama ingin saya share tapi belum ada waktu. Dan akhirnya ada waktu ditengah menunggu buka puasa ini, daripada kelaparan kan ya. Sambil cerita sambil nostalgia yaa. Beware, its gonna be a long story... hihihi

Jadi dulu waktu SMA, saya kira kepanjangan FEB UGM itu Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, ternyata setelah kuliah disana, baru diketahui sejatinya kepanjangan FEB adalah Fakultas Event Berkelanjutan. Dan disinilah saya, in the forest of great people and series of events yang membuat dua tahun ini penuh pengalaman dan pembelajaran yang sebelumnya tidak pernah saya duga. Organisasi, event, seminar, study banding, dan yang jelas kuliah. 

Oke, yang akan saya ceritakan ini mayoritas tentang event yang melibatkan saya sebagai panitia, bukan tentang seminar yang saya ikuti atau mungkin acara dimana saya ikut sebagai peserta. Dan tidak semuanya (well, nggak punya foto buat bukti soalnya :p ).  

1. Gathering Management 2012


Ini adalah awal dari segalanya. Ini acara paling pertama yang saya lakukan bersama Management 2012, bahkan sebelum bener-bener merasakan jadi mahasiswa. Disini bertindak sebagai salah satu penanggung jawab bersama anak-anak asal Jogja lainnya dan yang paling absurd adalah dikomandoi oleh satu orang dari Lampung (berdiri di sebelahku, Ghufrani Faza). Jadi sebenernya agak lucu ketika kita rapat kumpul pertama kali, masih serba canggung dan dikomandoi oleh orang yang bahkan belum pernah bertemu. Hahaha. 

Tapi Alhamdulillah, bisa dibilang sukses acaranya untuk ukuran kumpul paling pertama. Dan yah, menurut saya mengurusi acara gathering itu sangat exciting, karena jadi bisa akrab sama temen-temen baru. Berdampak saya terentaskan dari status 'anak ilang' waktu pertama kali masuk kuliah. hehehe :)

2. Anak Management Merapat 2012


Ospek sudah selesai dan kuliah sudah mulai. Ketua angkatan baru sudah terpilih. AMMER sejatinya adalah proker buat ketua angkatan untuk mengakrabkan angkatannya. Dan sekali lagi, bapak ketua angkatan Management 2012 ini, Ghufrani, percaya sama saya untuk jadi bagian dari panitia AMMER ini. Dan lalu menjabatlah saya sebagai anak konsumsi dan penanggung jawab salah satu kelas di acara ini. Awal dari segala karir perkonsumsian saya di FEB UGM dimulai dari sini :')

Di acara ini mulai lah semakin mengenal teman-teman Management 2012. Mulai dekat dengan beberapa orang, mulai muncul konflik, mulai kelihatan siapa yang bagaimana... Ya, intinya acara AMMER ini menurut saya sukses membuat saya makin 'rapat' sama anak Management, baik dengan yang datang maupun yang tidak :)

3. Ikatan Keluarga Mahasiswa Management 2012 - 2013


Adalah himpunan mahasiswa yang membawahi jurusan management. Bisa dibilang saya terpikat pada iklan pertama kakak-kakak angkatan saya waktu mereka menceritakan tentang IKAMMA di acara ospek jurusan kami, SOERTI. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, ya, saya begitu mantap ingin sekali menjadi bagian dari suatu organisasi yang mengikat dan bukan hanya event saja. Organisasi yang bukan hobi saya sama sekali (dulu saya ikutan jurnalistik waktu SMA, karena saya suka). 

Waktu itu saya hanya ingin jadi bagian dari IKAMMA tanpa tahu harus masuk department apa. Setelah galau, berpikir dan mempertimbangkan akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar di department Human Resource sebagai pilihan pertama dan Entrepreneurship dipilihan kedua. Dan yah, setelah melewati proses, mbak Imanina Amajida dan mas Julius Sando Almahendra menerima saya di department mereka, Human Resource Department sebagai sekretaris-bendahara department.


Inilah dimana semua bermula. Inilah dimana hidup saya jadi berubah. Inilah awal segala pembelajaran. Awal segala cerita. Suatu hal yang sangat berharga bagi hidup saya yang benar-benar saya syukuri setiap detiknya. Sebuah rasa sayang yang tumbuh secara ajaib pada suatu hal, bukan pada seseorang, dimana saya ingin memberi dan memberi. 

IKAMMA.

4. ENTRANCE 2013


Saya masih ingat dan akan selalu ingat hari itu. Hari dimana saya baru saja selesai menjadi MC di acara jurusan akuntansi. Ketika itu saya keluar ruangan dan menemukan kakak angkatan saya yang sudah saya idolakan sejak SMP, yang merupakan manager dept. Entre, Sheila Reswari. 

Mbak Sheila, begitu saya biasa menyebutnya, ketika itu dengan semangat dan penuh kepercayaan kepada saya meminta saya mendaftar panitia Entrance sebagai panitia acara. Saya kaget. Sebelumnya saya belum pernah memegang tanggung jawab di posisi sekrusial divisi acara disuatu acara, apalagi acara yang besar. Jujur sedikitpun tidak pernah terbesit dibenak saya untuk berada diposisi itu. Tapi ketika itu mbak Sheila meyakinkan saya, bahwa dia sangat percaya dan yakin akan kemampuan saya, bahwa saya pasti bisa. Saya harus mencoba. Dan yah, kepercayaan dan insight dari mbak Sheila inilah yang menyalakan api semangat saya untuk akhirnya memberanikan diri mendaftar sebagai panitia acara. Untuk pertama kalinya.

Tantangan dimulai. Lebih menyalakan api semangat saya ketika saya tahu teman satu divisi saya adalah orang-orang yang sudah punya kredibilitas baik. Mario Kurniawan sebagai koordinator; Brio Elpranata, teman SMP-SMA saya yang sudah sering menjadi ketua suatu acara; Benedicto Audi Jericho, mantan ketua osis SMA De Brito; Ghufrani Faza, ketua angkatan; dan Maria Keishia, sekretaris KMK yang sudah dikenal memiliki kredibilitas baik dalam setiap acara yg diikuti. Lalu ada saya, yang bukan apa-apa. 

Kepanitiaan ini memberi saya banyak pelajaran dan cambukan untuk menjadi pribadi yang lebih. Dan memberi saya bukti bahwa saya bisa menjadi lebih daripada yang saya kira jika saya mau berusaha :)

Bagaimana dengan Entrance? Entrance berjalan lancar dan sukses. Dan lalu saya mendapat penghargaan sebagai panitia teraniaya :'')

5. Photography Workshop and Competition 2013


PWC adalah kepanitiaan yang menurut saya ajaib. Pada saat itu cobaan sangat bermacam-macam bagi panitia untuk mengadakan acara ini. Tapi pada akhirnya panitia mampu membuktika bahwa acara ini dapat terselenggara dengan sangat baik. Penghargaan tertinggi saya berikan kepada ketua acara dan wakilnya, Catherine Damayanti dan Arie Agung Wismoyo.

Ohya, di acara ini saya pertama kali dipercaya sebagai koordinator. Koordinator divisi konsumsi. Dan foto diatas adalah foto saya bersama kedua staff saya, Laras Ayu dan Yara Aria. 

6. Leadership Training II IKAMMA 2013


Salah satu program kerja divisi HR yang membuat saya merasa 'kembali' pada HR (ketika ini, saya sibuk PWC, Soerti dan YES). Masih ingat saya naik motor berempat bersama Faizal, manager, dan vice saya dalam rangka mencari lokasi. Hahaha

Program tengah tahun yang membuat IKAMMA berkumpul ditengah hectic-nya event di FEB. Disini semua saling mengintrospeksi, termasuk saya. Banyak sekali masukan yang membangun. Hah... terimakasih IKAMMA :)

7. Soegeng Rawuh to IKAMMA 2013


Ini pertama kalinya saya merasa complicated sebagai anak konsumsi. Ehem. Koordinator maksudnya. Hahaha. Dan disini adalah terakhir kalinya saya menjabat sebagai konsumsi. Sebuah penutupan karir yang sangat berkesan bagi saya, menjadi konsumsi disebuah rangkaian acara dengan budget yang minimal dan begitu banyak perut yang harus dipuaskan. 

Di SOERTI ini saya juga double agent, sebagai sekben HR, saya mengurusi urusan proposal dan LPJ acara ini yang memang entah mengapa ada saja hambatannya. Tapi terima kasih teramat sangat kepada Nadia Gudono yang telah bekerja dengan sangat baik sebagai sekretaris SOERTI sehingga banyak sekali membantu pekerjaan saya. 

Saya bersyukur bergabung sebagai panitia SOERTI, karena menurut saya SOERTI ini mendekatkan yang jauh dan menempelkan yang sudah dekat. Saya jadi semakin akrab dengan teman-teman satu jurusan saya karena banyaknya panitia yg dibutuhkan untuk menyelengarakan SOERTI ini. Dan kebetulan saya ada di posisi yang strategis untuk 'menceramahi' setiap panitia dan menerima keluh kesah soal makanan. Hahaha. Yah, galaknya saya di SOERTI inilah yang membuat saya semakin akrab dengan teman-teman management. :)

Selain itu, SOERTI tahun 2013 adalah tahun perubahan bagi event tahunan ini, dan sebagai panitianya dan tahu konflik dan masalah apa saja yang ada di dalamnya, saya mendapat banyak sekali bekal dan insight. Dan yah, kepanitiaan SOERTI mengajarkan saya arti profesionalisme lebih banyak dari kekeluargaan. Bagaimana suatu event dapat berjalan dengan profesionalisme para penyelenggaranya.

8. Lomba Tumpeng JMME 2013



Bergelut didunia perkonsumsian sepertinya membawa nama saya dipilih sebagai kapten untuk lomba tumpeng yang diadakan oleh organisasi agama Islam di FEB, JMME. Bersama teman saya Retno Wulandari, Aufar Ahmad, dan Anindya Marthasari, kami berhasil menyumbangakan satu piala kepada organisasi tercinta kami. 

Jujur, saya bangga. Apa yang membuat saya bangga adalah saya berhasil menunjukkan pada teman-teman saya kekuatan niat. Bahwa dengan tidak menyepelekan sesuatu dari hal yang sangat kecil saja, kita bisa mendapat sesuatu yang besar. Dan yah, saya senang, bahwa ada sesuatu yang bisa saya berikan untuk IKAMMA :)

9. Young Entrepreneurs Show! 2013



Saya sebenarnya punya prinsip, saya tidak akan mau menjadi bagian sponsorship atau danus dalam suatu acara. Alasannya? Karena saya terlalu pengecut untuk dijadikan tumpuan utama suatu event. Tapi entahlah, angin apa yang membawa saya menyanggupi permintaan Mario Kurniawan untuk mempartneri dia sebagai vice-nya di divisi krusial ini. Ya, untuk pertama kalinya, saya menjadi bagian dari sponsorship - danus, dengan total dana yang super fantastis (ini acara sangat besar dengan target pembicara bapak Harry Tanoe Soedibyo dan orang-orang ternama lainnya) dan dengan jabatan langsung menjadi vice director. Sebagai seorang dengan pengalaman nol, saya bisa bilang bahwa saya gila mengiyakan jabatan itu.

Tapi ternyata orang 'gila' dikepanitiaan YES! bukan hanya saya. Ya, kepanitiaan ini penuh dengan orang-orang yang menurut saya 'gila' tetapi dengan arti yang positif. Mereka 'gila' dalam membuat target, namun juga sangat 'gila' dalam hal mengeksekusi acara. Dengan semangat yang juga menurut saya luar biasa 'gila', mereka berhasil membuktikan bahwa kegilaan mereka bukan hanya sekedar bualan dan angan kosong. Ya, Novan Yudha Entiadi berhasil membawa orang-orang gila ini mencapai puncak. YES! sukses besar. Sebuah acara besar yang lahir dari sebuah HMJ. 

Dan yah, dengan suasana kerja yang 'gila', saya ingin mengakui bahwa, YES! adalah kepanitiaan favorit saya selama ini.

10. Membela nama Management dong ya :3


Saya sebenarnya bingung, bagian mana yang bisa saya share tentang pertandingan-pertandingan yang membawa saya dan teman-teman ikut maju membawa nama jurusan kami. Alasan saya sebenarnya mengapa mencantumkan ini adalah karena saya ingin sekali memamerkan foto kami mengenakan jersey jurusan management. hehehe keren kan ya?

11. Management in Election (PEMIRA 2013)


"Pemira? halah... selow,"
Tidak pernah terbesit dalam pikiran saya untuk menggaungkan sebuah acara dengan skala internal FEB. Tidak, sampai saya tiba-tiba didaulat menjadi ketua acaranya. Ya, ketua. Sesuatu yang lebih tidak pernah terbesit lagi bahkan dalam bayangan terliar saya. 

Jujur saja didaulat menjadi ketua dadakan membuat saya benar-benar tidak tahu harus berbuat apa, ditambah tahun lalu saya tidak berpartisipasi dalam acara ini. Mengumpulkan data kesana kemari dan berusaha semaksimal mungkin adalah hal yang saya bisa untuk menutupi kebingungan saya. 

Mencari kelemahan tahun lalu dan berusaha menambalnya di tahun ini. Bersama teman-teman saya yang luar biasa, kami mampu membuat perubahan yang signifikan terhadap Pemira. Dari bagaimana konsep acaranya hingga kami mampu membangun mindset bahwa Pemira bukanlah program kerja yang pantas diremehkan. Ya, MINION menjadi acara Pemira yang fun tanpa menghilangkan esensinya yang sebenarnya, sebagai ajang pencarian ketua HMJ management berikutnya.   


Alhamdulilah, Allah selalu menjawab setiap usaha hambanya. Bersama dengan Ghufrani Faza yang kemudian diangkat sebagai ketua IKAMMA 2013-2014, saya pun juga mengangkat sebuah piala mewakili teman-teman panitia MINION yang lain. Jerih payah kami semua terbayar ketika KPRM FEB UGM menobatkan MINION sebagai KPU terbaik. Satu piala lagi kami persembahkan bagi IKAMMA. Sebuah akhir yang manis untuk akhir kepengurusan saya di IKAMMA tahun 2012-2013.

12. Farewell Party IKAMMA 


Setahun menurut saya bukanlah waktu yang cepat, tapi bagi saya, tahun pertama saya kuliah di FEB UGM adalah setahun tercepat yang pernah saya rasakan. Setahun yang benar-benar penuh warna, pembelajaran, dan pengalaman yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Entah bagaimana cara saya tidak mencintai IKAMMA atas segala hal berharga yang telah diberikan kepada saya. 

Adakalanya dimana saya benar-benar lelah dan jenuh dengan semua tetekbengek kegiatan saya yang berkaitan dengan organisasi dan event sehingga saya menjadi sosok menyebalkan dengan menjadi orang yang sulit dihubungi atau cara lainnya. Ada waktu dimana saya kesal karena waktu saya untuk bergaul, bermain, atau bahkan untuk sekedar tidur tersita untuk kepentingan acara. Dan masih banyak lagi kejengkelan saya lainnya. Tapi satu hal yang saya tahu. Saya bahagia.

If you can not imagine what you do if you're not doing what you're doing right now, means that you are happy with your life.

finally....... GOODBYE HR! GOODBYE IKAMMA 2012-2013 

Terima kasih :)



1 comment:

Hai :)
Thank you for reading. Feel free to leave me a comment ya. Anything except spam are welcome. I will definitely reply anything you write for me and visit your site too.